Rencana Pembangunan Masjid Akmaliah

Rencana Pembangunan Masjid Akmaliah
Pembangunan Masjid Akmaliah Kedepan

Sabtu, 06 April 2019

74 Titik Dasar Pondasi Boor Pile Tanggal 14 April di Mulai

Dengan Bismillah, pengurus masjid Akmlaiah dan Panitia Pembangunan masjid dengan modal sekitar 700 juta akan memulai akan memulai pengeboran dasar pondasi masjid (Boor Pile) sebanyak 74 titk. Dari hasil lelang tender Boor Pile oleh Panitia Pembangunan Masjid Akmaliah, sudah mendapatkan kontraktor yang menangani boor pile / pengeboran dasar pondasi masjid. Lelang dilakukan selama 10 haris dan ada 3 kontraktor yang mengikuti lelang,
Dari hasil tender tersebut panitia langsung beraksi untuk memulai pengeboran. Dari waktu yang ditentukan yaitu tanggal 14 April 2019, kontraktor akan mulai mendatangkan alat boor pile dan material ke lokasi.
Menurut planning, pengeboran 74 titik tersebut akan diselesaikan dalam waktu sekitar 1 bulan. Sehingga pada bulan Ramadhan 2019 masjid tersebut tetap bisa dipergunakan untuk kegiatan Ramadhan. Dasar pondasi tersebut akan ditanam sedalam sekitar 15 meter dengan dasar dari hasil sondir yang dilakukan pada akhir thn 2018.
Biaya yang di keluarkan untuk boor pile 74 titik tersebut menghabiskan dana sekitar 400 juta rupiah. Dengan memulainya pembangunan tersebut otomatis team penggalangan dana harus bekerja keras supaya pembangunan tetap bisa berjalan dengan lancar dan mengajak kepada jamah untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. "Barang siapa yang membangun masjid di dunia maka Allah akan buatkan istana di surga nanti" Harta kita yang sesungguhnya adalah harta yang kita pergubakan untuk berjuang di jalan Allah. Semoga Allah selalu memudahkan dan melancarkan kepada orang yang berjuang di jalan Allah Aamiin..
baca selengkapnya »»  

Pembangunan Masjid Akmaliah Sudah Dimulai


Pengurus dan jamaah Masjid Akmaliah sudah sepakat untuk membangun masjid Akmaliah.

Perencanaan yang sudah dilaksanakan adalah Peletakan batu pertama sudah dilaksanakan awal April tahun 2018.
Kemudian di akhir tahun 2018 sudah dilakukan test kekerasan tanah (Test Sondir) oleh konsultan, untuk menentukan berapa kedalaman pondasi yang akan di tanam. Dan sudah di test kekerasan tanahnya sebanyak 5 titik yang sudah disesuaikan dengan perencanaan di sekitar tiang utama.
Dan untuk tahap selanjutnya yang sedang di kerjakan sampai sekarang ini ada pengurusan legalitas, surat ijin Pemkot, termasuk mengurus IMB. Insya Allah dalam waktu dekat akan selesai.
Pembangunan direncanakan akan dibangun 2 lantai dengan asessories beberapa qubah dan menara dengan sirkulasi banyak sirkulasi angin untuk membuat dalam masjid menjadi sejuk alami dan menghemat energy listrik.
Acuan pembangunan mengingat dan menimbang jumlah volume jamaah yang semakin banyak sehingga sering kali tidak menampung jamaah pada waktu sholat, lebih-lebih pada hari Jumat dan hari besar lainya.
Pada saat ini Masjid Akmaliah ini hanya bisa menampung jamaah sekitar 400 jamaah, tetapi setelah ada pembangunan nanti akan bisa menampung jamaah sebanyak 1.590 jamaah.

baca selengkapnya »»  

Sabtu, 30 Januari 2016

Susunan Pengurus DKM Masjid Jami' Akmaliah Tahun 2012 s/d 2015


A.    DEWAN ASATIZ

Koordinator          : Ustad Endang Mulyadi

Anggota                :
Ustad Ahmad Zakarsyi
Ustad M. Yani
Ustad Ahdi
Ustad Djafarudin
Ustad Hadiyanto    

B.     DEWAN PENGURUS (DEWAN TANFIDZIAH)

Ketua                     : Ahmad Safei
Wakil Ketua           : Tarwijo

Sekretaris              : 1. Samiyana
                               2. Ngadiyo

Bendahara             : 1. Jaja Subagja
                               2. Memed

C.    SEKSI-SEKSI :

1. PENDIDIKAN DAN KADERISASI
Koordinator    : Ridwan Lasinasa
                        Cahya Heraningsih
 

2. PERIBADATAN
Koordinator    : Agus Hernawan

Anggota          : 1  Suwardi M. Husein
                        2. Hamid                                              
                           
3. PERINGATAN  HARI BESAR ISLAM (PHBI)
Koordinator    : Slamet Priyono

Anngota          : 1.  Firdaus                        
                        2.  Jupri                                                                    

 4. PEMBANGUNAN DAN PEMELIHARAAN
Koordinator    :  Umar

Anggota          : 1. Zubhan Yusuf                
                        2. Sugiyanto                    
                        4. Rudiansyah
                        5. Edi Misrani                                
                         
5. PEMELIHARAAN SOUND SYSTEM
Koordinator   : Wahidun

               
6. USAHA DAN EKONOMI KEMASJIDAN
Koordinator    : Shoufik Gorbal

Anggota          : 1. Suyarno                
                        2. Maryono      
                        3. Eti Maryati          
                                                           
7. PEMBINAAN REMAJA
Koordinator    : Chairul Saleh

Anggota          : 1. Haris Robani              
                        2.  Kamal                                                                              

8. KEWANITAAN
      Penasehat        :
      Koordinator    : Iis Nursaadah
                                                         
                             
8. HUMAS DAN UKHWWAH
Koordinator    : Zainal
   
                         
9. KETERTIBAN
Koordinator    : Edi Siswanto

Anggota          : 1. Sunardi              
                         2. Ujang Ketua RT. 12/10                          
10. DAKWAH
Koordinator    : Faisal Amri                                    

11. PERPUSTAKAAN  
Koordinator    : Minatur Rokhim                              

12. LEMBAGA AMIL ZAKAT DAN WAKAF (LAZWAF)
Koordinator    : Chairul Saleh

Anggota          : 1. Heru Nugroho (Sekretaris)            4. Izharuddin Kamal
                         2. Jupri (Bendahara)                         5. Titik
                         3. Kamal Ibrahim                             6. Dian Asmarawati
                         4. Tegar Raitan IR.                           7. Ida Susanti

13. LEMBAGA PEMULASARAAN JENAZAH (LPJ)
Koordinator    : Wawan
baca selengkapnya »»  

Kamis, 23 April 2015

Langgar jadi tempat " sampah"

Kemaren ada teman kang Eko ngajak ngobrol di warung, Kang Eko binggung kok tumben teman ini ngajak sesampai di warung teman kang Eko sebutlah namanya Bawor mulai crita. Kang Eko aku nich lagi binggung tentang langgar. waduh... kenapa dengan langgar? kata kang Eko.
Kang langgar itu rak tempat ibadah to ning kenapa langgar di tempat saya buat tempat sampah.Wah.. kurang ajar bener " kata Kang Eko dengan nada tinggi. Sibawor binggung dengan sikap kang Eko , akhirnya Bawor ngejelasin, bukan sampah biasa kang tapi tempat mbuang masalah, apa pantes... tapi sebaliknya kang malah sampah langgar di buang keluar. lho khan bagus  kenapa di ributkan jadi langgar jadi bersih. " kata kang Eko, si Bawor binggung lagi ,masalahe sama kang  bahwa masalah langgar malah di omongi di luar langgar.
Trus piye kang  aku minta saran kang... biar langgar itu balik maning ke fungsinya sebagai tempat ngibadah
Waduh...  kang Eko tambah mumet... karena di mintai pendapat pada hal sholatnya aja sabtu minggu.. baru bisa kelanggar , akhire kang Eko nagajak bawor balik pakai alasan badan "mriang"

Kang Eko minta solusi teman-teman , saudara yang sudi membaca tulisan ini, dan terimakasih atas saran dan masukkanya
baca selengkapnya »»  

Bingunge Kang Eko

Kang Eko bingung, kemaren ada yang nanya “Tunjukkan pada saya mana yang namanya Kang Eko”.

Kang Eko trus nunjuk “Saya”. E.. lah.. mosok dia bilang “Bukan, itu telunjuk sampeyan”.

Kang Eko nunjuk dada “Ini saya..”.

Tambah kurang ajar dia, mosok dia bilang “Halah… semua orang tau kalau itu dada sampeyan”.

Kurang ajar banget orang ini ya.

Kang Eko mulai sedikit emosi “Lha trus karepmu sing jenenge Kang Eko iku sing ndi ha ?”.

Jangkrik… dia malah cuma nyengir “Keberadaan sampeyan itu yang disebut sebagai Kang Eko”.

Heh ?
Opo maneh iki.
 “Maksudmu piye sih ? Kang Eko kok nggak ngeh to ?” mulai reda marah Kang Eko, mbalik penasaran.Akhirnya dia sedikit memberikan penjelasan

“Kang, semua yang nampak ini adalah semata sifat Kang Eko. Yang dinamakan itu ya wujud atau keberadaannya Kang Eko.

Kalau Kang Eko nggak ada, apa yang mau dinamakan coba ?” jawabnya sambil ngloyor.

Kang Eko trus mikir.

Iya ya… kalau Kang Eko nggak ada, apa yang mau dinamakan dengan Kang Eko ya ?
Lha wong nggak ada, masa mau dinamakan. Kepala, cuma bagian. Kaki, tangan, kulit.. wis pokoknya badan ini cuma bagian, sekedar lambang keberadaannya Kang Eko.

Hmm… iya.. iya.. berarti semua ini cuma sifat ya.
Bisa denger, yo sifat. Bisa ngliat, yo sifat.
Semua itu cuma sifat.
Lha kalo yang terlihat sebagai Kang Eko ini cuma sekedar sifat aja, dzatnya Kang Eko yang mana ya…

Jan..tobil.. tobil… kok malah mbingungi ya…
baca selengkapnya »»  

Hati Yang Mati



Hati yang mati, yang tidak ada kehidupan di dalamnya. Ia tidak mengetahui Tuhannya, tidak menyembah-Nya sesuai dengan perintah yang dicintai dan diridhai-Nya. Ia bahkan selalu menuruti keinginan nafsu dan kelezatan dirinya, meskipun dengan begitu ia akan dimurkai dan dibenci Allah. Ia tidak mempedulikan semuanya, asalkan mendapat bagian dan keinginannya,

Ia menghamba kepada selain Allah; dalam cinta, takut, harap, ridha dan benci, pengagungan dan kehinaan. Jika ia mencintai maka ia mencintai karena hawa nafsunya. Jika ia membenci maka ia membenci karena hawa nafsunya. Jika ia memberi maka ia memberi karena hawa nafsunya. Jika ia menolak maka ia menolak karena hawa nafsunya. Ia lebih mengutamakan dan mencintai hawa nafsunya daripada keridhaan Tuhannya.

 Hawa nafsu adalah pemimpinnya, syahwat adalah komandannya, kebodohan adalah sopirnya, kelalaian adalah kendaraannya. Ia terbuai dengan pikiran untuk mendapatkan tujuan-tujuan duniawi, mabuk oleh hawa nafsu dan kesenangan dini. Ia dipanggil kepada Allah dan ke kampung akhirat dari tempat kejauhan. Ia tidak mempedulikan orang yang memberi nasihat, sebaliknya mengikuti setiap langkah dan keinginan syetan. Dunia terkadang membuatnya benci dan terkadang membuatnya senang. Hawa nafsu membuatnya tuli dan buta selain dari kebatilan. Keberadaannya di dunia sama seperti gambaran yang dikatakan kepada Laila, "Ia musuh bagi orang yang pulang dan kedamaian bagi para penghuninya. Siapa yang dekat dengan Laila tentu ia akan mencintai dan mendekati."

Maka membaur dengan orang yang memiliki hati semacam ini adalah penyakit, bergaul dengannya adalah racun dan menemaninya adalah kehancuran. ndak ngajari lho....
baca selengkapnya »»  

Selasa, 21 April 2015

MI’ROJ BARENG mas ebiet..... jare kang Eko


apakah ada bedanya
hanya diam menunggu
dengan memburu bayang-bayang
sama-sama kosong
kucoba tuang ke dalam kertas
dengan garis dan warna-warni yang aku rindui

apakah ada bedanya
bila mata terpejam
pikiran jauh mengembara
menembus batas langit
cintamu telah membakar jiwaku
harum aroma tubuhmu menyumbat kepala dan pikiranku

di bumi yang berputar
pasti ada gejolak
ikuti saja iramanya
isi dengan rasa
di menara langit
halilintar bersabung
aku merasa tak terlindung
terbakar kegetiran

cinta yang kuberi
sepenuh hatiku
entah yang kuterima
aku tak peduli

apakah ada bedanya
ketika kita bertemu
dengan saat kita berpisah
sama-sama nikmat
tinggal bagaimana kita menghayati
dibelahan jiwa yang mana
kita sembunyikan dada yang terluka
duka yang tersayat
rasa yang terluka

Duh.. duh.. duh.. kalo Kang Eko ndengerin lagunya Mas Ebiet ini, rasanya nggak karu-karuan banget. Kepengin nangis, masuk kamar, sujud dan menutup semua lubang hawa yang ada. Duh Gusti…
Lagu Mas Ebiet ini sebenarnya sedang menceritakan proses mi’raj seseorang. Proses pertemuan dengan Gusti Allah. Kok bisa ? Yuk… dicoba ditlisik lagi lagunya.
apakah ada bedanya
hanya diam menunggu
dengan memburu bayang-bayang
sama-sama kosong
kucoba tuang ke dalam kertas
dengan garis dan warna-warni yang aku rindui

Sebagian orang “mencoba” untuk bertemu dengan Gusti Allah dengan berbagai cara. Ada yang jengkang-jengking shalat tengah malem, ada yang puasa, ada yang gini, ada yang gitu… lah pokoknya banyak sekali yang ditempuh. Kebanyakan menyatakan bahwa Gusti Allah ndak bisa ditemui kalau ndak lewat model begini atau begitu. Duh… Padahal kita ndak bisa apa-apa. Sungguh.  Kang Eko sendiri sudah coba banyak cara. Tapi ya begitulah. Akhirnya ada sebuah nasehat, agar  Kang Eko ndak usah banyak rogeh, ndak usah banyak tingkah. Hening saja. Diam merasakan sesuatu. Karena dicari ke manapun, Gusti Allah ndak akan bisa ditemukan dengan pemikiran. Lha wong Yang Suci Dari Angan kok dicari, yo ndak bakalan ketemu to. Yah… yang bisa kita lakukan adalah mulai menyelam ke dalam diri. Hening. Dalam diam. Menyediakan media untuk bisa menyaksikan. Dalam kesendirian.
apakah ada bedanya
bila mata terpejam
pikiran jauh mengembara
menembus batas langit
cintamu telah membakar jiwaku
harum aroma tubuhmu menyumbat kepala dan pikiranku

Dalam kesendirian, meditasi atau semedi, atau dalam shalat yang khusyuk, saat mata terpejam, biarkan.. sekali lagi biarkan apa yang nampak tanpa kita atur dengan keinginan, akal atau pikir kita. Cobalah dari mata yang terpejam itu kita mencoba untuk melihat. Melihat sesuatu dalam gelap pekat. Lihat saja. Menembus batas ketidak tahuan. Dalam kerinduan yang membakar akan pertemuan dengan illahi robbi, insyaallah sesuatu akan terlihat. Dan biasanya, kita tidak bisa berpikir lagi. Tidak bisa lagi merasakan apapun. Sesak. Dingin… Hhhh…
di bumi yang berputar
pasti ada gejolak
ikuti saja iramanya
isi dengan rasa
di menara langit
halilintar bersabung
aku merasa tak terlindung
terbakar kegetiran

Kalau lagi begini, bumi serasa berputar. Mumet. Nggleyeng. Rasanya ndak karu-karuan. Kalau yakin dengan perjumpaan dan penyaksian, jangan hentikan. Ikuti saja semua ini. Rasakan. Biarkan semuanya menggelegar. Mengguncang dan mendera kita. Karena pada saat itu sesuatu mulai menerpa. Menampakkan kemegahan laksana Tuhan yang menampakkan wajahnya pada gunung Sina saat Nabi Musa memohon. Hancur luluh. Tubuh serasa bulu ditiup angin. Melayang.
cinta yang kuberi
sepenuh hatiku
entah yang kuterima
aku tak peduli

Dalam keadaan seperti ini, kerinduan pada ilahi robbi tak lagi mengharap apapun. Pertemuan. Penyaksian. Entah apa yang akan terjadi. Matikah. Sakitkah. Pasrah. Sumarah. Nrimo Ing Pandum. Menerima ketentuan.
apakah ada bedanya
ketika kita bertemu
dengan saat kita berpisah
sama-sama nikmat
tinggal bagaimana kita menghayati
dibelahan jiwa yang mana
kita sembunyikan dada yang terluka
duka yang tersayat
rasa yang terluka

Ketika penyaksian telah terjadi, keyakinan bahwa Tuhan tak pernah meninggalkan kita sedemikian besar. Kemanapun, di manapun, kita ada di dalamNya. Kerinduan, akan terus berkecamuk. Menimbulkan rasa tak ingin berpisah. Ingin selalu menatap. Namun, layaknya nJeng Rasulullah dulu diperintahkan untuk tetap isra, maka begitulah kita. Tetap harus melanjutkan hidup di alam penyaksian ini.
Duh… dlewer he  Kang Eko. Sedih… cuma bisa omong. Monggo,...
baca selengkapnya »»  

OJO CRITO NEK DURUNG NGLAKONI ....( JANGAN CRITA KALAU BELUM MENJALANI) Jare Kang Eko

Lagu Janur Kuning-e Yu Noerhalimah kalau ditlisik banyak pesannya. Memang awalnya bagi Kang Eko lagu ini cuma sekedar lagu ndhangdhut yang enak didenger sambil numpak mobil proyek. Bisa bikin kepala Kang Eko manthuk-manthuk ngikutin iramanya. Tapi makin lama, Kang Eko dengerin kok makin bikin penasaran. Ada pesan di sana. Belum pada tau liriknya ? Yo wis, Kang Eko tuliskan dulu.
Jangan kau katakan dulu
Jangan kau siarkan dulu
Sebelum janur kuning
Hiasan cinta melambai-lambai
Di depan rumahku ini

Kalau sudah saatnya
Sumpah perkawinan kita
Semua menjadi milikmu
Dari bukit-bukitnya yang menghijau
Sampai lautan yang biru

Akupun mengharap belaian tanganmu sayang
Tetapi kutahan-kutahan karena malu dilihat orang
Walaupun kutahu engkau yang paling kusayang
Rasanya kuingin-kuingin masuk ke dalam pintu hatimu
Ibarat bulan sudah di tangan
Ibarat bintang sudah bertaburan
Cinta suci kita kini menjadi kenyataan

Lha apa endahnya lagu gituan ? Wong mung menceritakan pernikahan thok kok dibilang ada pesennya. Lha kalo cuma moco thok, cuma baca saja, ya jelas nggak nemu apa-apa. Ayo Kang Eko tunjukin deh, semoga nggak kaspo thok ya…
Jangan kau katakan dulu
Jangan kau siarkan dulu
Sebelum janur kuning
Hiasan cinta melambai-lambai
Di depan rumahku ini

Penafsiran dari Kang Eko seperti ini : kita hendaknya tidak bercerita tentang Gusti Allah kalau memang kita belum benar-benar jadi kekasih Beliau. Lha tandanya kita jadi kekasih Allah itu opo to ? Tandanya, yang dilambangkan dengan janur kuning, adalah benarnya syahadat kita. Sahnya syahadat atau penyaksian kita. Adanya di mana ? Di katakan di sana bahwa hiasan itu adanya di depan rumah Sang Kekasih. Lha rumahnya Allah itu di mana to ? Mosok Allah nduwe omah ? Lha hukumnya itu kan ada “rumahku adalah hati orang-orang mukmin”. Lha sudah jelas to, bahwa kalau hati memang sudah memang isinya mung Beliau, insyaallah syahadatnya bener. Lakune selalu dituntun sama Allah.
Kalau sudah saatnya
Sumpah perkawinan kita
Semua menjadi milikmu
Dari bukit-bukitnya yang menghijau
Sampai lautan yang biru

Dalam perjalanan untuk mengenal Beliau, tentu ada saatnya pertemuan itu terjadi. Maksud Kang Eko, bahwa kesadaran tentang Beliau itu akan muncul. Nah kalau memang sudah sah syahadatnya, maka diibaratkan semua akan menjadi milik kita. Lha wong namanya kekasih, apa yang dimaui tentunya ya dikasih to. Bahkan apa yang dipunyai oleh Sang Kekasih bisa diartikan punya kita juga. Tapi piye maneh, kalo sudah kepincut sama Gusti Allah, opo yo kepikiran yang lainnya ?
Akupun mengharap belaian tanganmu sayang
Tetapi kutahan-kutahan karena malu dilihat orang
Walaupun kutahu engkau yang paling kusayang
Rasanya kuingin-kuingin masuk ke dalam pintu hatimu
Ibarat bulan sudah di tangan
Ibarat bintang sudah bertaburan
Cinta suci kita kini menjadi kenyataan

Lha kalau memang sudah bisa sampai di maqom yang itu, mbok yao jangan koar-koar pengumuman sing ora-ora. Gusti itu diibaratkan wong sing isinan tenan. Hingga untuk menyampaikan sesuatupun selalu lewat utusan. Jangan sampai kita ini kemudian membuka rahasia yang dititipkan ke kita kepada orang lain. Bisa jadi ini menjadi berita yang tidak menghasilkan kebaikan tapi malah kedholiman bagi orang yang belum mau membuka pintu hatinya. Lha mosok wong percoyo nek ono wulan nang tangan ta… kan ya nggak. Makanya, kalau sudah kenal dan sudah nemukan, yo sudah… diem saja.
Iku penafsirane Kang Eko lho. Lain orang kan lain penafsiran. Monggo kalau mau ngonceki lagi.
baca selengkapnya »»  

MANUSIA ITU TUKANG NGEYEL

Manusia itu diciptakan dengan sifat dasar ngeyel atau seneng mbantah. Ini memang sudah ketentuan dari sananya. Sifat ini memang rada-rada nyusahin buat manusia itu sendiri. Bagaimana tidak, karena suka ngeyelnya, bahkan kalau diomongin dengan sesuatu yang benar namun tidak sesuai dengan pemikirannya, senengannya yo dibantah.
Temen Kang Eko juga sempet ketiban rasa mangkel. Ceritanya begini, temen Kang Eko ini, sebut saja namanya Rosa, dikaruniai kelebihan sama Gusti Allah bisa tahu sebelum sesuatu terjadi, bahasa jawanya weruh sadurunging winarah. Berkali-kali dia menerima visi atau semacam pemandangan tentang sesuatu yang akan terjadi. Namun karena dia tidak tahu kejadian itu kapan mau dijadikan, dia ndak berani cerita ke siapa-siapa. Di empet wae. Kalau kemudian itu kejadian, maka dia hanya bisa istighfar. Mohon ampun sama Gusti Allah, karena dia cuma bisa nonton kejadian itu sebelum semuanya terjadi dan tidak bisa melakukan apapun untuk mencegahnya.
Awalnya cuma jadi tontonan, tapi lama-lama yo mikir juga si Rosa. “Lha wong aku dikasih tahu kejadian ini kok nggak bisa ngapa-ngapain ya… piye iki… lha maksudnya Gusti Allah kasih aku tontonan kayak gini ini opo to ?”. Lalu, akhirnya kalau dia dapet visi lagi, dia ceritakan ke teman dekatnya. Namanya saja teman dekat, sudah ngerti padatannya. Sudah ngeh dengan kebiasaan dan kelebihannya. Teman-temannya yo cuma bisa jadi penampungan cerita si Rosa saja, termasuk Kang Tulus ini. Tapi kadangkala Kang Eko ngeyel sama dia, lha wong kadangkala apa yang diceritakan ndak masuk akal kok. Rosa yo kadangkala sedih, tapi akhirnya nggak diambil hati. Pokoknya kalau dia terima visi, dia tunggu aja apa yang akan terjadi. Ndak diceritakan ke Kang Eko lagi.
Rosa mulai cerita dengan lain versi. Versinya dia cerita bukan lagi dengan menceritakan langsung tentang apa yang didapatnya. Dia menceritakan dengan misal atau perumpamaan. Perumpamaan ini membuat Kang Eko sering mikir dan kepancing untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang kadangkala dia lontarkan juga. Sampai akhirnya Kang Tulus ngeh, tanpa harus berdebat atau ngeyel, bahwa apa yang diomongin si Rosa ini benar adanya.
Kang Eko juga akhirnya mulai mikir. Mungkin nJeng Rasulullah juga demikian ya dalam memberikan pesan kepada umatnya sampai akhir jaman. Dengan cara kias dan dengan cerita. Tapi banyak sekali yang tidak paham dengan apa yang beliau ceritakan. Padahal nJeng Rasulullah sudah menceritakannya dengan berbagai versi lho. Tapi ya begitulah. Kita ini memang kebanyakan sebangsa ternak, bahkan lebih buruk lagi. Kita ini buta, bisu, tuli. Kita terlalu bodoh seperti sapi. Sehingga sekian abad lamanya pesan-pesan nJeng Rasulullah tidak pernah terbuka.
nDak usah jauh-jauh deh. Pesan lewat shalat aja. Kita kebanyakan cuma jengkang-jengking ndak nangkep apa maunya. Padahal ya sudah digambarkan lho sama nJeng Rasulullah bahwa shalat ini bisa jadi media untuk supaya umatnya bisa kedunungan sifat ihsan menjadi muhsin. Kanugrahan sama Gusti Allah untuk bisa merasa selalu bertatap-tatapan dengan Beliau, selalu merasa bareng terus sama Beliau. Tapi yo itu tadi, dasar tukang ngeyel, kalau diomongin model kayak gini kebanyakan yo pada ngeyel dan bilang bahwa penjelasan itu cuma penafsiran manusia saja, nJeng Rasul ndak ngendiko, ndak nyabda apa-apa. Lha piye wong-wong iki. Gimana sih orang-orang ini. Lha nJeng Rasulullah sudah nyabda. Sabdanya tertuang dalam shalat. Tapi kok nggak ngeh-ngeh ya.. Kita selalu manut saja tanpa mau berpikir, sebenernya ada apa to di balik shalat ini. Atau ada apa to di balik sabda “malaikat rahmat tidak memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing, gambar mahluk hidup dan orang yang masih janabat”. nDak mau mbukak-mbukak pemikiran dan mencari maknanya.
Padahal yo, kalau dipikir beneran, pesan tentang malaikat rahmat di atas hanya perumpamaan untuk diri manusia ketika hendak bertemu dengan Gusti Allah. Kedunungan rahmatNya. Syaratnya adalah seperti yang dikiaskan di atas itu. Anjing merupakan kiasan dari nafsu, gambar mahluk hidup merupakan kias dari angan-angan tentang duniawi, dan orang yang janabat berarti orang yang masih kotor hatinya, masih belum membersihkan diri. Jadi jelas to, bahwa yang namanya nafsu memang harus dikendalikan dulu. Setelah itu kurangi angan. Selain itu, bersihkan hati dari berbagai kotoran. Tubuh kita, sebagai rumahnya, yo ikut dibersihkan sekalian. Biar seger. Kalau tubuh seger, insyaallah perjalanan enak. Ibaratnya rumah yang bersih, insyaallah tamunya akan seneng.
Ndak tau lagi kalau miturut sampeyan-sampeyn… opo yo sepakat sama Kang Eko atau ndak…
baca selengkapnya »»  

BELAJAR DARI KEARIFAN TIMUR

 


Mutiara, dari laut manapun dia berasal tetaplah mutiara. Dia akan bersinar manakala diperlakukan dengan benar. Dia akan memberikan sebuah keindahan manakala ditempatkan di tempat yang sesuai, hingga menghiasi tempat tersebut dengan kilaunya.
Ilmu, ibarat sebuah mutiara. Dari manapun dia berasal, di manapun dia diturunkan, tetap merupakan khasanah ilmu Tuhan yang diturunkan bagi umat manusia. Bagi mereka yang mau mempelajari dengan pikiran yang terbuka, akan mampu melihat keagungan Tuhan di sana. Karena satu-satunya pemilik ilmu adalah Dia. Baik atau buruk hanyalah persepsi dari manusia.
Kearifan, tumbuh dari keterbukaan pikiran. Membaca setiap kejadian alam, mendengarkan suara dalam diri, merupakan segelintir cara untuk mencoba meraih hidayah Allah. Dikatakan meraih, karena sesungguhnya Allah tidak pernah tidak mencurahkan hidayah. Hanya orang-orang yang berpikiran tertutup saja yang sulit menerima hidayah ini.
Kebenaran, selama masih ada di bumi ini, adalah relativitas belaka. Kebenaran mutlak hanya ada pada ilahi robbi semata. Karenanya, dengan daya tangkap yang berbeda-beda, Tuhan telah menurunkan ilmu dengan berbagai corak. Berbahagialah mereka yang mampu menangkap hidayahNya tanpa meributkan di mana hidayah itu diturunkan.
Timur atau barat hanyalah pembatas, hanyalah hijab. Tuhan tidak dibatasi dengan hal itu. Karenanya, di manapun diturunkan, ilmu tetaplah mutiara yang berkilau dan menampakkan keindahannya ketika dikenakan oleh orang yang tepat.
baca selengkapnya »»